PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

  • Novitasari Novitasari Universitas Negeri Makassar
  • nurhaedah nurhaedah Universitas Negeri Makassar
  • muashomah muashomah UPT SPF SD Inpres Jongaya I

Abstract

Penerapan Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi active learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi active learning dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi hasil belajar siswa serta hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik (B) sehingga penerapan strategi active learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

References

Arikunto,S., 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta
Aisida, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Model Giving Question and Getting Answer Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Miftahul Jinan Wonoayu. EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 106–114.
Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). PT Bumi Aksara.
Hadi, R., & Sentono, T. (2015). Hubungan Status Sosial Keluarga Dan Prestasi Belajar Dasar-Dasar Otomotif Dengan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas X Smk Tamansiswa Jetis Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015. Taman Vokasi, 3(2).
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. REFERENSI (GP Press Group)
Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.
Komariyah, M. (2021). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas V SD. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 58–64.
Lestari, A., Kartono, & Halidjah, S. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar sekolah dasar. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,4(12),110.https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12626/11446
Mulyaningsih, I. E. (2014). Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar the influence of social interaction of family relationship, achievement motivation , and independent learning. Jurnar Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.
Nurwahyuni. (2013). Pengaruh Konsep Diri Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil belajar Siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. 2, 67–77.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Erlangga.
Published
2023-12-07
Section
Articles